November 30, 2016

TOEFL Salah satu Kompetensi Mahasiswa dan Alumni STEI Hamfara

hamfaralogoTOEFL saat ini merupakan salah satu standar penilaian kemampuan bahasa inggris yang bvanyak digunakan di duania akademis maupun dunia kerja.

Sebagai sebuah kampus di bawah kopertais III Kementrian Agama Republik Indonesia, STEI Hamfara menetapkan beberapa standart baku bagi alumninya.

Kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh alumni STEI Hamfara, tercakup dalam kompetensi yang bersifat akademik, semi akademik dan juga non akademik.

Untuk menunjang kompetensinya, maka setiap mahasiwa calon alumni harus memiiki kemampuan berbahasa inggris sesuai dengan standart minimal yang telah ditetapkan.

TOEFL
Ilustrasi  TOEFL

Terdapat beberapa macam program tes bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan berbahasa inggris seseorang.

Program tes bahasa Inggris yang dikenal di Indonesia adalah antara lain: TOEFL, IELTS, serta TOEIC.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas dan menjelaskan sedikit tentang Test Of English As a Foreign Language (TOEFL).

Pengertian TOEFL

Test Of English As a Foreign Language atau T O E F L, merupakan istilah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi kalangan akademisi.

T O E F L merupakan program tes yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui tingkat kemampuan berbahasa inggris seseorang terutama bagi selain native.

Tes ini diperkenalkan dan diselenggarakan pertama kali oleh Educational Testing Service atau (ETS) pada tahun 1963.

Jenis-Jenis T O E F L

Terdapat beberapa jenis toefl, yaitu Paper Based T O E F L (PBT), Computer Based TOEFL (CBT), serta Internet Based TOEFL (iBT).

Paper Based T O E F L (PBT)

Seperti namanya, Paper Based T O E F L (PBT) dilaksanakan menggunakn media kertas dengan tiga materi uji, yaitu; Listening, Structure serta Reading.

Paper Based TOEFL (PBT) ini dilaksanakan antara 2 (dua) hingga 2,5 jam dengan rentang nilai antara 310 hingga 677.

Saat ini PBT sudah tidak diberlakukan lagi di lingkup international, kecuali beberapa negara saja, di antaranya instansi-instansi lokal di Indonesia.

Computer Based T O E F L (CBT)

Tes toefl berbasis computer ini menggunakan perangkat lunak resmi yang diterbitkan oleh ETS sebagi media uji.

Tes ini dilaksanakan dalam 2 hingga 2,5 jam, dengan empat sesi ujian, yaitu: listening, structure, reading serta writing expression.

Computer Based TOEFL (CBT) memilki rentang nilai antara 30 (tigapuluh) hingga 330 (tiga ratus tiga puluh) sebagai nilai tertinggi.

Internet Based T O E F L (iBT)

Internet based TOEFL atau juga disebut dengan tes toefl berbasis internet merupakan tes TOEFL yang berlaku dan diakui secara global.

Tes jenis ini diperkenalkan dan diberlakukan mulai tahun 2005 untuk menggantikan PBT dan juga CBT di tingkat international.

Internet based TOEFL dilaksanakan dengan menggunakn perangkat computer, akan tetapi tidak menggunakan perangkat lunak sebagaimana CBT, namun dilakukan secara online.

Dalam tes ini peserta akan mengerjakan soal-soal tes secara langsung yang diberikan oleh ETS secara online selama empat jam.

Dalam internet based TOEFL terdapat empat materi ujian, yaitu; listening, writing, reading dan speaking, dengan nilai maksimum 120.

ujuan akan dibagi menjadi dua sesi, yang pertama adalah individual test dan yang kedua adalah integrated test.

Perbedaan dan persamaan antara PBT dan ITP

Sebelum ETS tidak memberlakukan PBT untuk skala international, terdapat beberapa jenis toefl international yang diakui. Diantaranya adalah; PBT,CBT dan iBT.

Kemudian TOEFL yang kita kenal sangat popular di Indonesia dengan skor hingga 677 itu merupakan paper based TOEFL (PBT).

ETS sebagai lembaga yang mengadakan TOEFL memberikan fasilitas kepada siapa saja yang ingin melakukan prediksi PBT international melalui prediction test.

Prediction test ini merupakan PBT international versi institutional yang kemudian disebut dikenal dengan istilah ITP.

Dari sisi harga, terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara PBT international dengan ITP yaitu $100 berbanding dengan $ 27.5-$ 30.

Meskipun sekarang hanya iBT yang diakui dalam skala intenational, namun di Negara-negara dengan akses internet yang belum stabil PBT masih diakui.

Khusus di Indonesia, karena PBT sudah punah, maka kalau ada yang bilang PBT, maka yang dimaksud adalah PBT versi ITP.

PBT versi ITP masih sering digunakan oleh institusi-institusi dalam negeri dalam rangka penyaringan mahasiswa dan juga beasiswa.

PBT yang diakui oleh institusi-institusi dalam negeri baik swasta maupun pemerintah adalah ITP yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga tertentu saja.

Dari penjelasan singkat ini, kami menyarankan kepada rekan-rekan sekalian yang ingin mengambil tes TOEFL untuk pandai-pandai memilih.

Kita harus bisa memilih dan menetapkan tes TOEFL yang kita ambil, apakah sesuai dan mencukupi syarat peruntukannya.

Disamping harga yang berbeda antara ITP dengan iBT, materi tes yang diujikan-pun berbeda, dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula.

ITP hanya menguji listening, strudture dan reading, maka iBT menguji listening, reading, speaking dan juga writing (mirip IELTS).

Saran kami, apabila hanya untuk persyaratan administrative dalam negeri, maka leih baik mengambil ITP meskipun iBT jauh lebih baik.

Namun apibila untuk keperluan studi keluar negeri, maka mau tidak mau harus mengambil iBT atau sesuai dengan ketentuan kampus tujuan.

Demikian ulasan singkat kami mengenai TOEFL, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Muhajirin, Staff Pengajar STEI Hamfara


STEI HAMFARA Merupakan salah satu Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Unggulan yang mengintegrasikan model Pendidikan Tinggi Ekonomi Islam dengan Sistem Pendidikan Berpesantren.

Dengan sistem pendidikan berpesantren terbukti membuat mahasiswa STEI Hamfara sangat kuat dalam memahami Ilmu Ekonomi yang sesuai Syariah dan alumninya dikenal memiliki komitmen tinggi serta karakter tangguh dalam membumikan Ekonomi Islam serta berpegang teguh dengan nilai-nilai Islam yang merupakan rahmatan lil’aalamiin.

Di gembleng oleh dosen dan para profesional dalam bidang Ekonomi Islam serta oleh para Pakar Syariah, Pendidikan Berpesantren di STEI Hamfara Membentuk Mahasiswa menjadi Pribadi yang Professional, unggul dalam bidang Ekonomi Islam dan Ulama dalam bidang  Ilmu Agama.

Untuk Pendaftaran Calon Mahasiswa anda bisa mengunjungi:

http://steihamfara.ac.id/formulir

atau hubungi bidang promosi dan penerimaan mahasiswa baru:

CP : Wahyu Dianto,SEI
0857 2821 1006

Mu’tashim Billah M, SEI, MM
0811 255 4846
0877 3821 4846