February 2, 2017

SISTEM EKONOMI ISLAM SEBAGAI SOLUSI EKONOMI INDONESIA

hamfaralogoSISTEM EKONOMI ISLAM SEBAGAI SOLUSI EKONOMI INDONESIA. Kondisi ekonomi Indonesia sampai saat ini sebagaimana kita fahami, Indonesia merdeka sudah lebih dari 68 tahun. Namun, faktanya, kondisi ekonominya belum banyak bergeser dari posisi sebagaimana ketika berada pada era penjajahan. Hal itu telah ditegaskan dalam buku yang berjudul “Ekonomi Terjajah”, setelah 60 tahun merdeka kondisi perekonomian rakyat Indonesia tidak banyak mengalami perubahan. Bahkan, jika dibandingkan dengan pada masa penjajahan Belanda, secara relatif, PDB per kapita Indonesia cenderung merosot. Pada 1820, PDB per kapita Indonesia terhadap Belanda meliputi 39

1 Ir. Dwi Condro Triono, M.Ag., Ph.D., adalah Dosen Kampus STEI Hamfara Yogyakarta.

persen. Pada 1950 merosot menjadi 15 persen. Pada 1992, setelah 47 merdeka, hanya meningkat sedikit menjadi 16 persen (Prof. Mubyarto; 2005).

Terjajahnya kembali ekonomi Indonesia melalui penghisapan ekonomi. Pengihasapan ekonomi terjadi begitu sangat tinggi, sehingga menciptakan ketidakadilan sosial. Penghisapan tersebut menyebabkan Indonesia tidak akan mungkin menciptakan keadilan sosial melalui strategi pembangunan (Mubyarto; 2005).

Fenomena penjajahan ekonomi oleh Negara adidaya seperti Amerika Serikat (yang diistilahkan sebagai “The Global Empire”), yang saat ini sudah tidak menggunakan cara-cara tradisionil dan kuno lagi. Melainkan dengan cara yang sangat canggih dan modern. Proses penjajahan saat ini kemudian lebih kita kenal sebgai “hegemoni kapitalisme global”. Proses hegemoni tersebut sesungguhnya tidak hanya menimpa Indonesia saja, melainkan sudah melanda di hampir seluruh negara di dunia ini, khususnya di negara-negara yang sedang berkembang.

Untuk dapat memahami dan menghadapi fenomena di atas, dalam makalah ini penulis ingin memberikan dua hal penting yang harus dilakukan. Pertama, kita harus dapat menunjukkan apa sesungguhnya yang menjadi akar permasalahan, sehingga keadaan ekonomi dapat menjadi seperti ini. Apakah benar, bahwa semua tragedi ekonomi ini memang bersumber dari “ajaran” ekonomi kapitalisme? Kedua, jika memang benar, maka kita harus memiliki strategi khusus untuk dapat membendung kapitalisme global tersebut, sekaligus dapat menghadirkan ekonomi alternatif yang dapat menjadi penggantinya.

Keyword artikel: SISTEM EKONOMI ISLAM SEBAGAI SOLUSI EKONOMI INDONESIA, SISTEM EKONOMI ISLAM SEBAGAI SOLUSI EKONOMI INDONESIA


STEI HAMFARA Merupakan salah satu Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Unggulan yang mengintegrasikan model Pendidikan Tinggi Ekonomi Islam dengan Sistem Pendidikan Berpesantren.

Dengan sistem pendidikan berpesantren terbukti membuat mahasiswa STEI Hamfara sangat kuat dalam memahami Ilmu Ekonomi yang sesuai Syariah dan alumninya dikenal memiliki komitmen tinggi serta karakter tangguh dalam membumikan Ekonomi Islam serta berpegang teguh dengan nilai-nilai Islam yang merupakan rahmatan lil’aalamiin.

Di gembleng oleh dosen dan para profesional dalam bidang Ekonomi Islam serta oleh para Pakar Syariah, Pendidikan Berpesantren di STEI Hamfara Membentuk Mahasiswa menjadi Pribadi yang Professional, unggul dalam bidang Ekonomi Islam dan Ulama dalam bidang  Ilmu Agama.

Untuk Pendaftaran Calon Mahasiswa anda bisa mengunjungi:

http://steihamfara.ac.id/formulir

atau hubungi bidang promosi dan penerimaan mahasiswa baru:

CP : Wahyu Dianto,SEI
0857 2821 1006

Mu’tashim Billah M, SEI, MM
0811 255 4846
0877 3821 4846