Sejarah STEI Hamfara

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamfara Jogjakarta didirikan pada tanggal   10 Juni tahun 2004. Pendirian STEI Hamfara Jogjakarta tidak dapat dilepaskan dari sejarah Jurusan Ekonomi Islam STAIN Surakarta bekerjasama dengan SEM Institute Jakarta dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi ekonomi Islam di Jogjakarta sejak tahun 2000.

Berbekal pengalaman dan integritas selama lima tahun dalam mendirikan, mengembangkan dan mengelola program kerjasama Jurusan Ekonomi Islam antara STAIN Surakarta- SEM Institute, STEI Hamfara memiliki komitmen untuk meneruskan pengembangan pendidikan tinggi ekonomi Islam dengan status kelembagaan swasta penuh di lingkungan Kopertais Wilayah III Daerah Istimewa Jogjakarta.

Dalam kurun waktu delapan tahun atas izin Allah SWT STEI Hamfara Jogjakarta telah mampu menjadi Perguruan Tinggi  yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menerapkan program pendidikan Bebas Bea dengan memberikan pengabdiannya dalam bentuk program pendidikan gratis bagi ummat dengan mengedepankan kualitas pendidikan prima.

Sekarang STEI Hamfara dengan Moto Terbaru Program Pendidikan Berpesantren ingin mewujudkan Kampus yang mampu membentuk Kepribadian Dan Intelektual yang Kaffah. Program pendidikan Berpesantren dirasa menjadi pilihan yang tepat bagi STEI Hamfara untuk mewujudkan misinya. Aspek kompetensi akademik tidaklah cukup tanpa kompetensi mental spiritual. Untuk mewujudkan kompetensi tersebut maka model pendidikan pesantren (boarding) dipilih sebagai solusinya. Pendidikan tinggi pesantren cukup melegakan orang tua mahasiswa ditengah situasi lingkungan pendidikan di kota-kota besar semakin tidak kondusif, metode pendidikan pesanteren menjamin mahasiwa mampu mendalami dan mengaplikasikan ilmu keislamannya lebih mantap.

Pengembangan dan perbaikan sistem pendidikan dan kurikulum  yang terus menerus  dilakukan membuahkan hasil yang cukup menggembirakan dengan banyaknya prestasi mahasiswa didik. Kemampuan mahasiswa didik untuk bersaing dan memperoleh prestasi dalam even-even ilmiah ekonomi Islam nasional sejajar dengan mahasiswa didik perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang telah lama berdiri.

Pada waktu yang bersamaan peningkatan kualitas dosen dan karyawan dilakukan secara berkesinambungan dengan pemberian beasiswa pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peningkatan sarana dan prasarana juga tengah dilakukan dengan terus menyempurnakan kampus STEI Hamfara beserta asrama (boarding house) mahasiswa dan sarana penunjang lainnya di wilayah Bantul Jogjakarta.Kampus Terpadu Berpesantren  dengan luas lahan hampir tiga hektar  (3 ha) .

Perjalanan STEI Hamfara Jogjakarta di masa mendatang tentunya akan selalu diwarnai dengan upaya untuk melangkah terus menerus menyempurnakan dirinya. Para pemimpin, dosen dan segenap karyawan mempunyai komitmen tinggi sebagai insan akademik untuk selalu meningkatkan kinerja dengan penuh rasa tanggungjawab dan dedikasi tinggi untuk memberikan pelayanan pendidikan geratis bagi ummat. Upaya penyempurnaan masih akan terus berlanjut, karena tuntutan akan kualifikasi lulusan senantiasa berubah menjadi lebih tinggi.