Lembaga

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam merupakan divisi (unit) dalam struktur organisasi STEI Hamfara yang berfungsi sebagai pusat pengembangan teoritikal-aplikatif gagasan ataupun konsep-konsep ekonomi Islam melalui riset, kajian serta publikasi. Hasil dari pengkajian dan pengembangan yang dipublikasikan diharapkan mampu mengkomunikasikan eksistensi ekonomi Islam serta memberikan solusi aplikatif atas problematika praktik perekonomian dewasa ini. Publikasi dilakukan secara berkala melalui website Hamfara, buletin, maupun media komunikasi lainnya seperti radio, majalah maupun di harian nasional.

 

Pusat Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat

Pusat Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat merupakan divisi (unit) dalam struktur organisasi STEI Hamfara yang berfungsi sebagai pusat penelitian berkaitan dengan persoalan sosial kemasyarakatan, serta pengembangan dan pelaksanaan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan sebagai bentuk kepedulian serta tanggungjawab sosial lembaga.Kegiatan lembaga ini terdiri atas dua katagori. Pertama, berkaitan dengan kurikulum STEI Hamfara seperti Kuliah Pendampingan Masyarakat. Kedua, diluar kurikulum lembaga seperti pengembangan desa binaan, pendampingan & pemberdayaan ekonomi rakyat bekerja sama dengan lembaga lain, distribusi hewan qurban bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Republika, dan sebagainya.

 

Lembaga Bahasa

Lembaga Bahasa merupakan unit dalam struktur organisasai STEI Hamfara yang berperan dalam peningkatan kualitas keterampilan mahasiswa dalam bidang bahasa asing. Penguasaan mahasiswa terhadap bahasa asing merupakan tuntutan dalam dunia kerja maupun dunia akademik di mana sumber-sumber pengetahuan maupun informasi semakin tidak terbatas dari dalam negeri maupun luar negeri. Lembaga ini juga berperan besar dalam pemeliharaan baku mutu (quality assurance) pendidikan tinggi di STEI Hamfara melalui ujian TOEFL 400.  Sertifikat Toefl diperlukan manakala mahasiswa akan akan melanjutkan pendidikan pasca sarjana baik di dalam negeri maupun di luar negeri.