Organisasi Mahasiswa

Organisasi Kemahasiswaan Di STEI Hamfara

1.BEM STEI Hamfara : Eksekutif, Ideologis, Inspiratif

STEI Hamfara sebagai lembaga pendidikan tidak lepas dari perannya demi kemajuan dakwah islam khususnya pada bidang ekonomi yakni ekonomi islam. Dalam perjalanannya memajukan ekonomi islam STEI Hamfara berusaha meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan penggalian potensi mahasiswa dalam satu wadah BEM STEI Hamfara. BEM STEI Hamfara yang berdiri pada tanggal 2 Maret 2008, hadir ketengah-tengah masyarakat dalam rangka menyeru untuk kembali kepada aturan Allah swt yang kaffah. BEM STEI Hamfara merupakan lembaga organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif yang bercirikan ideologis dan membantu Kampus untuk menjadi pembina bagi mahasiswa dan membantu kampus dalam melambungkan nama kampus STEI Hamfara di Indonesia khususnya dan dunia umumnya. sehingga visi dan misi kampus bisa tercapai.BEM STEI Hamfara adalah lembaga internal kampus yang pertama kalinya berdiri di indonesia dan  sebagai lembaga resmi mahasiswa dikampus yang fungsinya merangkap sebagai lembaga dakwah kampus.

 

2.HMPS (Himpunan Mahasiswa Perbankan Syari'ah)

Secara struktural HMPS STEI Hamfara mempunyai kedudukan yang penting dalam kampus STEI Hamfara karena memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan mutu serta kinerja mahasiswa khususnya mahasiswa prodi Keuangan dan Perbankan Syariah. Dalam hal ini HMPS STEI Hamfara akan berhubungan langsung dengan Kaprodi Perbankan Syariah, dimana Kaprodi sebagai pemberi pertimbangan gerak dan langkah HMPS STEI Hamfara menuju visinya.
Tujuan didirikannya HMPS STEI Hamfara adalah sebagai wadah keilmuan sekaligus intermediasi  aspirasi untuk mengaktualisasikan  intelektualitas di kalangan mahasiswa Keuangan dan Perbankan Syari’ah. Selain itu HMPS STEI Hamfara berperan dalam membentuk mahasiswa ideologis yang kritis, dinamis, terampil dan bersyakhshiyah Islam.  Maka dalam kegiatannya, menjadikan mahasiswa sebagai unsur utama organisasi baik dalam kepengurusan organisasi maupun sasaran program kerja yang dilaksanakan.

Dalam mengemban visi dan misi organisasi, maka HMPS STEI Hamfara melaksanakan berbagai kegiatan atau program kerja baik dalam lingkup internal maupum eksternal. Program kerja yang dilaksanakan diantaranya seperti stadium general, latihan penulisan karya ilmiah, bedah jurnal, kunjungan lembaga keuangan, dan sebagainya. Melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, keilmuan ekonomi Islam dapat ditanamkan dan dipraktekkan secara utuh serta menyeluruh dalam diri mahasiswa serta masyarakat. Dengan demikian HMPS STEI Hamfara diharapkan mampu menghimpun, menggerakkan, dan menyatukan langkah serta tujuan setiap mahasiswa dalam menjalankan syari’at Islam.

3.IMSyF (Islamic Management Syari'ah Forum)

IMSyF merupakan organisasi resmi dibawah Kaprodi Manajemen Syari'ah dalam meningkatkan mutu serta kinerja mahasiswa khususnya mahasiswa prodi Manajemen Syariah. Dalam hal ini IMSyF STEI Hamfara akan berhubungan langsung dengan Kaprodi Manajemen Syariah, dimana Kaprodi sebagai pemberi pertimbangan gerak dan langkah IMSyF STEI Hamfara menuju visinya.
Tujuan didirikannya IMSyF STEI Hamfara adalah sebagai wadah keilmuan sekaligus intermediasi  aspirasi untuk mengaktualisasikan  intelektualitas di kalangan mahasiswa Manajemen Syari’ah. IMSyF STEI Hamfara berperan dalam membentuk mahasiswa ideologis yang kritis, dinamis, terampil dan bersyakhshiyah Islam.  Maka dalam kegiatannya, menjadikan mahasiswa sebagai unsur utama organisasi baik dalam kepengurusan organisasi maupun sasaran program kerja yang dilaksanakan.

Dalam mengemban visi dan misi organisasi, maka IMSyF STEI Hamfara melaksanakan berbagai kegiatan atau program kerja baik dalam lingkup internal maupum eksternal. Program kerja yang dilaksanakan diantaranya seperti stadium general, latihan penulisan karya ilmiah, bedah jurnal dan sebagainya. Melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, keilmuan ekonomi Islam dapat ditanamkan dan dipraktekkan secara utuh serta menyeluruh dalam diri mahasiswa serta masyarakat. Dengan demikian IMSyF STEI Hamfara diharapkan mampu menghimpun, menggerakkan, dan menyatukan langkah serta tujuan setiap mahasiswa dalam menjalankan syari’at Islam.