November 30, 2016

RELIEF STEI Hamfara Lembaga Mahasiswa yang membumikan Ekonomi Islam

hamfaralogoRELIEF STEI Hamfara – Memasuki abad XXI, Ummat islam dihadapkan pada harapan-harapan historis sekaligus tantangan yang cukup besar.

Apa yang digaungkan sejak dasawarsa belakangan, bahwa seluruh dunia akan mengalami peruahan ternyata banyak mempengaruhi keputusan-keputusan penting yang dikeluarkan oleh para pemimpin negara.

Sistem ekonomi global ternyata tida bisa dihindari lagi, karena sirkuit pasar bebas dan proteksi ekonomi lebih banyak membuat kaum kapitalis mengukuhan hagemoninya.

Pergantian system ekonomi ummat manusia berubah seiring waktu dari merkantilisme, kapitalis hingga sosialis. Namun mereka tidak bisa menyelesaikan problem tersebut.

Oleh karena itu Islam yang diturunkan berabad-abad tahun yang lalu dengan tujuan menyelesaikan semua problem kehidupan. Islam sebagai agama (Ritual) juga Muamalah. Muamalah inilah yang mejadi obyek paling luas yang harus digali manusia.

RELIEF STEI Hamfara

Pengurus RELIEF STEI Hamfara

Pengurus RELIEF STEI Hamfara

Lahirnya kelmpok kajian dikalangan intern Mahasiswa Hamfara ini mendorong untu menyadarkan akan kebutuhan suatu wadah untuk memfasilitasi pergerakan Ekonomi Islam. Wadah ini bernama Research and Learning Islami Economic Forum ( ReLIEF)

Forum ini didirikan pada th 2005 di Yogyakarta oleh Mahasiswa Hamfara dan telah bekerja sama (Membuka Jaringan) dengan organisasi- organisasi pejuang ekonomi islam lainnya terutama yang ada dibawah naungan FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) yang bergerak dikalangan mahasiswa se-Indonesia.

ReLIEF STEI Hamfara ada dibawah naungan BEM STEI Hamfara dan juga dibawah naungan FoSSEI.

ReLIEF merupakan salah satu lembaga (KSEI) yang berada dibawah naungan BEM STEI Hamfara yang berfokus pada pengembangan dan pengkajian ekonomi islam.

Adanya ReLIEF (Research and Learning Islamic Economy Forum) juga sebagai pendukung terhadap visi misi kampus yang mengusung ide besar untuk mengembangkan, menyuarakan dan membumikan sistem ekonomi islam nantinya, baik dalam tatanan parsial maupun yang sistemik sekaligus pula memberikan kritik terhadap berbagai permasalahan ekonomi yang berkembang akibat penerapan sistem ekonomi konvensional dan ribawi yang sesungguhnya hanya menimbulkan kedzaliman terhadap rakyat dan menguntungkan orang-orang yang “berduit”, terlebih karena tidak sesuainya sistem tersebut dengan ajaran agama islam.

KSEI

KSEI merupakan istilah terhadap komunitas kajian ekonomi Syari’ah yang tergabung dalam FoSSEI.

KSEI adalah 2 orang atau lebih yang mempunyai sense dan komitmen terhadap pengembangan ekonomi Islam.

Secara keseluruhan adalah Lembaga kemahasiswaan Studi Ekonomi Islam dilingkungan intra kampus yang berperan aktif dalam melakukan sosialisasi kegiatan pengembangan wacana ekonomi Islam ditingkatan kampus sehingga terjalin sebuah gerak perjuangan yang integral dalam membumikan ekonomi Islam.

Jarak Perjalanan Da’wah

titk

Kewajiban KSEI ReLIEF

Koordinasi dengan pengurus komisariat, regional, dan atau Nasional dalam pengembangan Ekonomi Islam

Melaksanakan kebijakan-kebijakan presidium Nasional terkait dengan ke FoSSEI-an

Mencantumkan identitas FoSSEI dalam setiap kegiatan ekonomi Islam yang dilaksanakan secara eksternal baik berskala regional, maupun Nasional.

 


STEI HAMFARA Merupakan salah satu Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Unggulan yang mengintegrasikan model Pendidikan Tinggi Ekonomi Islam dengan Sistem Pendidikan Berpesantren.

Dengan sistem pendidikan berpesantren terbukti membuat mahasiswa STEI Hamfara sangat kuat dalam memahami Ilmu Ekonomi yang sesuai Syariah dan alumninya dikenal memiliki komitmen tinggi serta karakter tangguh dalam membumikan Ekonomi Islam serta berpegang teguh dengan nilai-nilai Islam yang merupakan rahmatan lil’aalamiin.

Di gembleng oleh dosen dan para profesional dalam bidang Ekonomi Islam serta oleh para Pakar Syariah, Pendidikan Berpesantren di STEI Hamfara Membentuk Mahasiswa menjadi Pribadi yang Professional, unggul dalam bidang Ekonomi Islam dan Ulama dalam bidang  Ilmu Agama.

Untuk Pendaftaran Calon Mahasiswa anda bisa mengunjungi:

http://steihamfara.ac.id/formulir

atau hubungi bidang promosi dan penerimaan mahasiswa baru:

CP : Wahyu Dianto,SEI
0857 2821 1006

Mu’tashim Billah M, SEI, MM
0811 255 4846
0877 3821 4846