Profil Prodi Manajemen Syariah

BISNIS BERBASIS SYARIAH

Program Studi Manajemen Syariah merupakan salah satu program studi unggulan pada STEI HAMFARA yang didesain untuk mengembangkan ekonomi Islam khususnya  Manajemen Syariah dari akarnya.

Visi dari Prodi Manajemen Syariah yaitu : Menjadi  pusat pengembangan keilmuan Manajemen Syari’ah yang mampu melahirkan sumber daya manusia unggul dan berjaminan mutu sesuai standar kerja nasional di tahun 2025

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi program studi Manajemen Syariah yang memadukan aspek keilmuan, pembentukan kepribadian Islam dan penguasaan tsaqofah Islamiyah dalam sistem pendidikan yang Islami berpesantren guna melahirkan sumberdaya manusia yang berkarakter, yakni memiliki kualifikasi amanah dan kafa’ah serta mampu mengembangkan system Manajemen Syari’ah dalam kehidupan ekonomi masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan serta aplikasinya di bidang Manajemen Syari’ah secara terukur dan teratur.
  3. Menyelenggarakan darma pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pembelajaran dan penelitian dalam ilmu Manajemen Syari’ah agar dapat diapresiasikan secara positif, memberikan efek duplikatif dan persuasif yang dibuktikan dengan berkembangnya aplikasi praktis dalam praktek ekonomi masyarakat.

Kurikulum Prodi manajemen syariah memadukan kualitas Mata Kuliah Keahlian yang tinggi dan ilmu-ilmu Islam (Tsaqofah Islam) yang mumpuni. Sehingga menghasilkan kualitas Ekonom Muslim yang memiliki pemahaman yang dalam terhadap praktik bisnis konvensional saat ini dan mampu mengkritisi serta memberikan pandangan Islam sebagai solusi alternatif untuk menggantikan kerapuhan sistem ekonomi konvensional yang diterapkan.

Lulusan Prodi Manajemen Syariah STEI Hamfara saat ini telah terakreditasi B, dengan SK hal tersebut menjadi cerminan kualitas dan mutu yang senantiasa ditingkatkan  sehingga  mampu mencetak lulusan yang terbukti  mampu  merealisasikan bisnis prospektif  yang inovatif sebagai usaha nyata yang dikelola secara Islami. Mampu memahami dan  menerapkan teori manajemen Islami  untuk organisasi dan menyusun strategi keuangan, sumberdaya manusia dan pemasaran baik untuk lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan, lembaga bisnis dan non bisnis.

Kuliah pada Prodi Manajemen Syariah dapat ditempuh selama 3,5 tahun dengan kewajiban menempuh  149 SKS . Didukung oleh dosen-dosen berpengalaman dengan pendidikan minimal strata 2 (S2), doktor (Strata 3) dan kandidat doktor.

Selain Kurikulum Integratif yang memadukan Mata Kuliah Keahlian dan Mata Kuliah Tsaqofah Islam yang telah diimplementasikan. Prodi Manajemen Syariah senantiasa merespon pesatnya perkembangan Ekonomi Islam khususnya dibidang manajemen  Syariah sebagai bentuk dinamisasi dan pengembangan kurikulum.