Prodi Perbankan Syariah S1

Program Studi Perbankan Syariah memiliki visi menjadi prodi yang bermutu tinggi dan unggul  dalam pendidikan, pengkajian dan pengembangan ilmu keuangan dan perbankan syariah di Indonesia pada tahun 2025 Misi yang dicanangkan adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berpesantren yang memadukan aspek keilmuan keuangan dan perbankan syariah, pembentukan kepribadian Islam dan penguasaan tsaqafah Islam dalam sistem pendidikan yang Islami guna melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas, yakni memiliki kualifikasi amanah dan kafa’ah serta mampu mengembangkan sistem keuangan dan perbankan syariah dalam kehidupan ekonomi masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian di bidang keuangan dan perbankan syariah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil  pembelajaran dan penelitian dalam ilmu keuangan dan perbankan syariah agar dapat diapresiasikan secara positif, memberikan efek duplikatif dan persuasif yang dibuktikan dengan berkembangnya aplikasi praktis  dalam praktek ekonomi masyarakat.

Keseriusan program studi dalam mencapai visi misinya tersebut salah satunya dibuktikan dengan dipertahankannya kembali peringkat Akreditasi B untuk Program Studi Perbankan Syariah 2017, berdasarkan hasil penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mempertahankan kinerja Program Studi Perbankan Syariah, antara lain dengan mengevaluasi kurikulum terintegrasi secara berkala agar tetap adaptif terhadap tuntutan lingkungan atas kualitas lulusan, mempertahankan dan meningkatkan kinerja seluruh dosen dengan beberapa dosen bergelar doktor serta beberapa dosen menempuh pendidikan Doktor, telah memiliki jabatan fungsional, dan telah lulus sertifikasi dosen (serdos). Kualitas para dosen juga telah dibuktikan dengan prestasi beberapa dosen yang memiliki karya-karya ilmiah serta telah mendapatkan HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) atas karya-karya tersebut. 

Sementara kualitas para lulusan dibentuk sejak mereka masih menjadi mahasiswa, tidak hanya berorientasi menghasilkan alumni yang memiliki kompetensi sebagaimana mengacu pada KKNI tetapi juga diharapkan mampu menjadi pemasok sumber daya manusia yang mampu memberikan nilai tambah pada stakeholder, memiliki jiwa sosial, berkepribadian Islam serta mampu mewarnai aktivitas ekonomi dengan ekonomi Islam di masyarakat. Mengingat kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi keilmuan dan praktek ekonomi Islam masih tinggi di lembaga-lembaga keuangan syariah maupun perusahaan syariah.

 

Kompetensi

  1. Mampu memahami dan menerapkan teori keuangan dan perbankan Islam  untuk organisasi laba dan nir-laba
  2. Mampu memimpin lembaga keuangan Islam
  3. Mampu menjadi akademisi yang mumpuni
  4. Mampu melakukan transformasi ilmu keuangan dan perbankan menuju keuangan dan perbankan Islami.
  5. Mampu merealisasikan bisnis prospektif yang inovatif sebagai usaha nyata yang dikelola secara Islami

Profil Lulusan

Sarjana yang memiliki kepribadian Islam (Syakhsiyah Islamiyah) dengan kualifikasi :

  1. Bankir bank umum devisa syariah yang berkarakter ulama, yang mampu melakukan perubahan secara sistemik dengan pemikirannya terhadap sistem yang tidak sesuai dengan nilai-nilai syariah, serta memberikan solusi alternatifnya.
  2. Profesional pada lembaga keuangan syariah yang berkarakter ulama, yang mampu membangun dan mengembangkan sistem pada lembaga keuangan syariah yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.
  3. Cendekiawan yang mampu memberikan solusi-solusi ekonomi Islam melalui pemikiran-pemikirannya baik yang bersifat mikro maupun makro.
  4. Akademisi yang memiliki kemampuan penelitian pengembangan dan pengabdian dalam bidang keuangan syariah dan perbankan syariah serta memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan keuangan syariah.

Akreditasi Prodi Perbankan Syariah