November 29, 2017

Prodi Manajemen Syariah di Visitasi Akreditasi BAN-PT

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara mendapat kunjungan dari tim Asesor BAN-PT dalam rangka visitasi akreditasi Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Syariah dari tanggal 19 hingga 21 November 2017.

Tim asesor BAN-PT yang tediri dari dua orang yaitu Prof. Muhammad Nasir (UMI Makasar) dan Dr. Haryadi,SE.,M.Sc (Unsoed Purwokerto) disambut oleh Ketua STEI Hamfara Ir.Ismail Yusanto,MM, Wakil Ketua, KaProdi Drs.Hery Sasono,MM, dosen dan tenaga kependidikan di ruang sidang kedua asesor tersebut akan melihat dan menilai secara langsung Prodi Manajemen Syariah dari beberapa aspek yang telah ditentukan oleh BAN-PT..

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Prodi S1 Manajemen Syariah STEI Hamfara untuk dilakukan reakreditasi yang sebelumnya mendapatkan akreditasi B dari BAN PT.

Ketua STEI Hamfara Ir.Ismail Yusanto,MM dalam sambutannya mengungkapkan dalam kesederhanaan dan kebersahajaan kampus STEI Hamfara diharapkan mampu mendidik mahasiswa yang berkepribadian Islam untuk memberikan sumbangsih dalam kehidupan masyarakat umat dan negara.

Tim asesor sejatinya adalah tim verifikator bukan tim investigator, kunjungan ini adalah untuk mengawal mutu dan meningkatkan mutu kelulusan pendidikan tinggi kedepan khususnya di prodi Manajemen Syariah STEI Hamfara

Lebih lanjut tim penyusun borang Prodi Manajemen Syariah telah siap di visitasi, hal ini dibuktikan dengan telah disiapkannya segala kebutuhan dokumen yang digunakan sebagai bukti dalam proses visitasi seperti data dosen, data penelitian, data pengabdian masyarakat serta kebutuhan data yang lainnya yang digunakan dalam proses penilaian akreditasi tersebut.

Pada tanggal 20 November 2017 tim asesor melakukan wawancara terhadap Pimpinan Sekolah Tinggi dan pengelola Prodi S1 Manajemen Syariah melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat borang yang telah dikirimkan oleh Prodi ke BAN-PT.

Sementara itu, wawancara terhadap dosen, alumni dan stakeholders Prodi S1 Manajemen syariah  dilakukan pada hari yang sama. Selain itu, tim asesor juga melakukan survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung Proses Belajar Mengajar di Kampus STEI Hamfara.

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, seluruh civitas akademika STEI Hamfara memiliki harapan agar Prodi S1 Manajemen Syariah kembali memperoleh predikat akreditas yang memuaskan.