Diskusi Buku Perbankan Islam Dosen STEI Hamfara

Diskusi Buku Perbankan Islam Dosen STEI Hamfara

Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec mengatakan buku Teori dan Aplikasi Perbankan Islam yang ditulis oleh Drs. Sugeng Widodo, MM yang merupakan Dosen STEI Hamfara membantu bagi pembaca yang masih awam. Jika dilihat isinya, banyak contoh praksis dengan perhitungan yang bagus. Diskusi buku tersebut dilaksanakan pada Jum’at (4/10/2019) di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan Yogyakarta.

Dalam acara diskusi, juga menghadirkan narasumber Ibu Siti Murtiyani, SE.,Akt., M.Si., Ph.D Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamfara.

Prof.Edy memberikan analisis dan masukan terkait buku yang ditulis dosen STEI Hamfara tersebut dalam aspek struktur penulisan, beberapa konten dan kontrol terhadap isi buku. Menurutnya benar bahwa kita sedang menuju syariah sehingga aspek-aspek syari harus dijaga.

Sedangkan Ibu Siti mengutarakan bahwa buku ini masih sebagai buku pengantar. Beberapa negara di Eropa telah menggunakan ekonomi etik. Kejujuran menjadi hal yang diutamakan namun tidak menyebut bahwa mereka menggunakan ekonomi Islam. Sebenarnya kalau semua muslim tidak perlu lagi syariah atau konvensional.

Sementara itu Bapak Sugeng Widodo selaku penulis menjelaskan karakteristik transaksi syariah diantaranya 1). Transaksi hanya dilakukan berdasarkan paham dan saling ridho, 2). Prinsip kebebasan bertransaski diakui sepanjang obyeknya halal dan baik, 3). Uang bukan komoditas dan hanya alat tukar, 4). Tidak mengandung riba kezaliman maysir gharar dan unsur haram.

Bapak Sugeng juga menegaskan bahwa syariah ini bisa diterapkan pada semua umat. Buku ini juga untuk rujukan praktikum bagi pembaca.

Next PostRead more articles

Leave a Reply